SEMARANG – Sebagai bagian dari komitmen menuju Net Zero Emission, Asuransi Astra, Astra Infra, dan Astra Property menanam 3.000 bibit mangrove di Kawasan Mangrove Camar Tambakrejo, Semarang, Jawa Tengah. Ini menjadi upaya untuk mendukung pengurangan emisi karbon, sekaligus memperkuat komitmen Grup Astra terhadap pencapaian Sustainability Aspirations 2030.
Kegiatan penanaman mangrove ini menjadi bagian dari Trip to Safety Campaign yang berlangsung pada 12-13 November 2024. Sebagai bentuk program Environmental, Social, and Governance (ESG) yang melibatkan partisipasi aktif berbagai pihak, penanaman bibit mangrove bertujuan mengembalikan emisi karbon yang dihasilkan selama kegiatan kampanye, serta memberikan dampak positif bagi pemulihan ekosistem pesisir.
Mangrove dipilih karena kemampuannya dalam menyerap karbon yang tinggi. Selain itu, mangrove pun berperan dalam mencegah abrasi dan melindungi lingkungan pesisir. Sebanyak 3.000 bibit mangrove bersumber dari Asuransi Astra mendonasikan 2,000 bibit, Astra Infra 500 bibit, dan Astra Property 500 bibit.
Kawasan Mangrove Camar Tambakrejo, lokasi penanaman, telah dikembangkan sebagai EduPark untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian lingkungan. Penanaman ini diharapakan bisa turut mengembangkan kawasan tersebut.
“Melalui aksi penanaman mangrove ini, kami ingin menegaskan komitmen kami untuk mendukung keberlanjutan lingkungan dan mewujudkan keseimbangan karbon demi masa depan yang lebih baik,” ujar Head of PR, Marcomm, & Event Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto dalam keterangan tertulis, Jumat (15/11/2024).
Aksi penanaman mangrove ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk berperan serta dalam upaya pelestarian lingkungan. Asuransi Astra, Astra Infra, dan Astra Property berharap langkah ini memperkuat tanggung jawab bersama dalam mengurangi emisi karbon, baik melalui tindakan individu maupun kerja sama antar pihak.
Untuk diketahui, Trip to Safety Campaign bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan berkendara dengan mengutamakan aman dan nyaman. Melalui kampanye ini, Grup Astra mempromosikan perilaku berkendara aman dengan menghadirkan berbagai solusi melalui produk hingga layanan.
Dengan pendekatan yang holistik, Grup Astra berharap kampanye ini tidak hanya mendorong perilaku berkendara yang lebih aman, tetapi juga menyadarkan pentingnya tanggung jawab lingkungan yang harus dijalankan oleh semua pihak.
***
Baca juga:
- Polda Kaltim Razia 2 Tempat Hiburan Malam di Balikpapan
- Dispora Kaltim Berkomitmen Kembangkan Olahraga Tradisional untuk Masyarakat Sehat
- Easycash Berkolaborasi dengan AFTECH untuk Tingkatkan Literasi Keuangan Digital