JAKARTA – PT Bank Muamalat Indonesia Tbk (Bank Muamalat) menjaga tingkat kepuasan, loyalitas, dan engagement nasabah terhadap layanannya. Itu dibuktikan dengan meraih 16 penghargaan dari Infobank Media Group dalam ‘The 8th Infobank Satisfaction, Loyalty, and Engagement 2025′ di Jakarta, Selasa, (4/2/2025).
Dalam acara itu, bank pertama murni syariah di Indonesia ini menerima dua trofi. Pertama sebagai The Best Sharia Bank in Satisfaction, Loyalty, and Engagement 2025. Kedua menjadi satu-satunya Bank Umum Syariah penerima Golden Champion in Satisfaction, Loyalty, and Engagement (2019-2024).
SEVP Operations and Financing Risk Bank Muamalat Dedy Suryadi Dharmawan mengatakan, Bank Muamalat berkomitmen menjaga keandalan layanan di semua lini. Mereka pun mencoba peka terhadap respons nasabah.
Layanan dalam aplikasi mobile banking Muamalat DIN pun dilengkapi fitur yang memudahkan nasabah bertransaksi. “Penghargaan ini membuktikan kesungguhan kami menghadirkan layanan perbankan yang Islami dan modern,” kata Dedy dalam keterangan tertulis, Jumat (7/2/2025).
Bank Muamalat menghadirkan layanan digital melalui aplikasi Muamalat DIN. Beberapa fitur menariknya ialah pembayaran menggunakan QRIS, top-up uang elektronik, Bank Haji, serta Hijrah Amal untuk memfasilitasi nasabah membayar zakat, infak, sedekah, wakaf (ziswaf) dan kurban.
Persepsi nasabah
Survei satisfaction, loyalty, and engagement (SLE) 2025 oleh Infobank dan Marketing Research Indonesia (MRI) melibatkan 1.440 responden. Responden berasal dari sembilan kota besar, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Balikpapan, Samarinda, dan Palembang.
Survei SLE 2025 mendapati Bank Muamalat meraih skor tertinggi sebesar 82,22% pada satisfaction index – mobile banking. Layanan mobile banking Bank Muamalat adalah Muamalat DIN.
Layanan itu menunjukkan performa mengesankan dengan jumlah pengguna aktif tumbuh sekitar 20% secara tahunan per Desember 2024. Di survei SLE kali ini, Bank Muamalat juga unggul di aspek marketing engagement.
Secara keseluruhan, skor SLE Index 2025 Bank Muamalat meningkat sebesar 8,33% menjadi 66,50%. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Bank Muamalat dalam meningkatkan layanan perbankan digital kepada nasabahnya telah berhasil, sehingga nasabah merasa lebih loyal, puas, dan terhubung dengan Bank Muamalat.
Baca juga: