• Berita
  • ISBI Kaltim Terima Mahasiswa Baru 2024, Ini Cara Mendaftarnya
Berita

ISBI Kaltim Terima Mahasiswa Baru 2024, Ini Cara Mendaftarnya

ISBI Kaltim membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk empat program studi.

UPTD Museum Mulawarman di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Gedung ISBI Kaltim ada pula di kompleks ini. (Foto: museum-mulawarman.kaltimprov.go.id)

TENGGARONG – Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Kalimantan Timur kembali dibuka setelah kampus ini vakum dua tahun. Pendaftaran mahasiswa baru kampus seni dan budaya ini dibuka mulai 7 Juli 2024.

“Kabar gembira buat putra putri Kalimantan Timur, kita kembali mengaktivasi ISBI mulai 7 Juli ini,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni saat malam puncak Pekan Kebudayaan Daerah Provinsi Kalimantan Timur 2024 di Kutai Kartanegara, Sabtu (6/7/2024).

Adapun pendaftaran mahasiswa baru ISBI Kaltim dibuka pada 7 Juli sampai 16 Agustus 2024. Mahasiswa yang lolos seleksi akan berkuliah mulai September 2024.

Sri mengatakan, ISBI menerima semua mahasiswa dari berbagai kalangan dan tanpa batasan usia, terutama bagi seniman.

Program studi dan pendaftaran

Tahun ini, ISBI Kaltim membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk jenjang strata satu (sarjana/S1) untuk empat program studi, yakni prodi tari, prodi televisi/film, prodi kriya, dan prodi etnomusikologi.

Biaya pendaftaran untuk calon mahasiswa Rp 200.000. Sri mengatakan, bagi warga Kaltim yang ingin menjadi mahasiswa ISBI, bisa mendaftarkan diri ke Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) di Kantor Gubernur Kaltim, Samarinda.

“Silakan mendaftar. Hari Senin (8/7/2024) sudah dimulai,” kata Sri.

Kuota mahasiswa baru

Di tahun ini, ISBI Kaltim menerima 125 mahasiswa untuk empat prodi tersebut. Sri mengatakan, mahasiswa asal Kaltim akan diberi beasiswa penuh selama delapan semester melalui program Beasiswa Kaltim Tuntas.

“Pembiayaan operasional untuk tenaga pengajar dan lain-lain didukung alokasi Kemendikbudristek sekitar Rp 2 miliar dan Pemprov Kaltim sebesar Rp1 miliar,” ujar Sri.

Lokasi kampus

ISBI Kaltim bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta dalam kegiatan perkuliahan. Adapun kampus ISBI Kaltim di Gedung UPTD Museum Negeri Mulawarman Tenggarong milik Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim.

Sri mengatakan, Pemprov Kaltim sudah beberapa kali bertemu dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Kementerian itu mendukung dana pembangunan kampus ISBI Kaltim Rp 100 miliar.

“Kamis nanti tim dari Kemendikbudristek akan datang melihat langsung lokasi rencana pembangunan kampus ISBI Kaltim di Tenggarong Seberang yang memiliki luas lahan sekitar 40 hektar oleh Pemerintah Kebupaten Kutai Kartanegara,” kata Sri.

Baca juga: Cegah Erosi, Alfamidi Tanam 1.000 Pohon di Sekitar Sungai Karang Mumus Samarinda

 

Propublika.id
Propublika.id
Portal berita dan cerita rintisan yang didirikan di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur pada 2022. Sesuai namanya, kami berupaya menyajikan informasi dan kisah warga yang suaranya jarang mendapat tempat di media massa. Selengkapnya lihat laman Tentang Kami.
Bagikan
Berikan Komentar